Jumat, 07 Oktober 2016

OLD FASHIONED GERMAN STRUDEL



Strudel dalam bahasa Jerman artinya adalah whirpool atau pusaran air yang berputar-putar. Hal ini dikarenakan kulit pastry dari strudel ini digulung berputar-putar dan berlapis-lapis. Salah satu kesulitan utama membuat strudel adalah kulit pastrynya harus tipis dan renyah, sementara jika digulung akan pecah atau retak. Di sini harus digunakan tepung terigu kualitas prima yang berserat tinggi, sehingga bisa dibuat tipis namun tidak pecah. Tentu saja sebagai konsekuensinya harganya cukup mahal.

Strudel tradisioanal khas Jerman biasanya dahulu dibuat dalam ukuran besar karena untuk disajikan dalam pesta-pesta kerajaan. Berbeda dengan strudel Austria, orang Jerman suka menggunakan Sauerkraut (saʊərkraʊt) yaitu sejenis acar kubis yang difermentasi dengan menggunakan laktobasilus. Di Belanda disebut zoorkool, di Perancis disebut choucroute, di Rusia disebut kvashenaya kapusta, di Lithuania disebut  rauginti kopūstai, di Slovakia disebut kyslá kapusta di Serbia disebut kiseli kupus.

Sebagaimana acar di Indonesia, sauerkraut Jerman ini rasanya manis asam.Di Eropa Timur sering disajikan dengan serutan wortel dimakan dengan krim keju atau krim lainnya. Mirip seperti salad di Hoka-Hoka Bento.

Orang Jerman juga lebih senang menggunakan margarine dalam membuat strudel ketimbang butter. Lalu Sauerkraut ditambahi irisan ketimun dan bawang bombay. Isinya strudel bukan apel melainkan daging sapi asap (smoked beef), sosis, walaupun kadang ada yang ditambahi buah berry. Selain itu orang Jerman suka memakai keju tradisional Jerman.

Viena Pastry menyediakan strudel resep original tertua dari Austria dan resep trudel khas Jerman, strudel  Denmark dan berbagai varian strudel lainnya. Hidangan ini cocok untuk hidangan pesta pernikahan, arisan, seminar, acara pertemuan reuni, ulang tahun, atau kumpul keluarga di hari libur maupun hari raya.

Pesanan dalam jumlah besar harap dipesan minimal 2 hari sebelumnya. Hubungi Ibu Nana HP 081384087619


Tidak ada komentar:

Posting Komentar