Jumat, 07 Oktober 2016

KALPERTAART

KLAPERTAART




Ada yang bilang Klapertart asli nya dari Belanda. Karena dari bahasanya saja kelihatan jika nama kue ini berbahasa Belanda. Tapi ada yang bilang ini adalh kue khas Manado

Bahan bakunya dari kelapa, terigu dan telur. Tapi di Eropa tidak tumbuh pohon kelapa? Maka tidak mungkin jika kue asli Belanda bahan bakunya sulit dicari di pasar Eropa. Selain itu Kalpertaart juga memakai kacang kenari dan bubuk kayu manis (cinnamon) yang pohonnya hanya tumbuh di Indonesia.

Yang benar adalah, cara memasak “tart” nya memang dari Belanda. Awal mulanya ini adalah “egg tart” yang merupakan cemilan umum di Eropa. Kita mengenal adanya Portugese Egg Tart. Nah Klapertart ini sebenarnya Egg Tart yang diisi dengan kelapa muda, kismis dan kacang kenari.

Ketika Bangsa Eropa datang ke  Nusantara untuk mencari rempah-rempah, mereka mengenalkan cara memasak egg tart ke bangsa Indonesia, utamanya di daerah Manado. (entah Portugis atau Belanda yang duluan mengenalkan egg tart) maka akhirnya egg tart ini dicampur kelapa, kenari dan kayu manis menjadi Klapentaart. Maka tidak salah jika dikatakan Klapentaart ini khas Manado.

Viena Pastry pada awalnya menyediakan berbagai varian strudel baik apple strudel Austria, strudel khas Jerman, strudel Denmark dan berbagai varian strudel lainnya. Namun kini Viena Pastry juga menyediakan Klapertaart baik yang original maupun berbagai variannya.

Hidangan ini cocok untuk hidangan pesta pernikahan, arisan, seminar, acara pertemuan reuni, ulang tahun, atau kumpul keluarga di hari libur maupun hari raya.
Pesanan dalam jumlah besar harap dipesan minimal 2 hari sebelumnya. Hubungi Ibu Nana HP 081384087619

Tidak ada komentar:

Posting Komentar