Jumat, 07 Oktober 2016

CHIRAN STRUDEL KHAS ARMENIA

CHIRAN STRUDEL KHAS ARMENIA




Chiran adalah istilah orang Armenia untuk menyebut buah Apricot. Buah apricot merupakan genus Prunus (Inggris : Prunes) termasuk di dalamnya buah plum. Buah apricot memang tanaman asli dari Armenia.  

Armenia adalah negara di Selatan Pegunungan Kaukasus berbatasan di Selatan dengan Turki dan di Utara dengan Georgia. Sementara di Timur berbatasan dengan Azerbaijan dan Iran.

Orang Armenia dulunya adalah suku Hayk, dan negerinya disebut Hayakstan yang merupakan bagian dari Imperium Turki Ottoman. Legenda mengatakan bahwa suku Hayk adalah keturunan dari Nabi Nuh a.s. ketika setelah peristiwa banjir besar perahu Nabi Nuh terdampar di puncak Gunung Ararat di Utara Turki.

Konon karena pengaruh orang Turki memperkenalkan kue strudel dari Austria, maka orang Armenia lah yang pertama kali membuat strudel berisi buah apricot. Sama seperti strawberry, buah apricot ini sangat lembut dan akan hancur jika dipanggang dalam oven. Maka membuat strudel berisi buah apricot sangat sulit karena ketiga dipanggang akan meleleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar